Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berjilbab

Pesonahijab.net – 9 tips merawat rambut ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut kita. Rambut adalah mahkota wanita yang paling berharga, maka rambut yang indah dan sehat adalah impian setiap wanita di dunia. Tapi seringkali wanita mengalami kesulitan dalam memilih perawatan rambut yang tepat, apalagi bagi para wanita muslimah yang memakai hijab. Tentu mengalami masalah yang lebih kompleks dibanding wanita yang tidak memakai hijab, padahal seperti yang kita tahu jika memakai hijab adalah kewajiban bagi setiap wanita yang beriman.

Dari mulai munculnya gatal-gatal pada kulit kepala, adanya ketombe, rambut lepek hingga rambut rontok menjadi masalah yang banyak muncul setelah pemakaian hijab. Tapi tidak usah khawatir, dengan perawatan rambut yang tepat maka masalah-masalah diatas dapat Anda atasi dan rambut sehat nan indah pun bisa Anda dapatkan.


Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berjilbab

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berjilbab

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berjilbab

1. Keramaslah secara rutin minimal 2 hari sekali, pilih jenis shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jika memiliki rambut yang berminyak bisa menggunakan shampo khusus untuk bayi.

2. Keringkan rambut sebelum Anda menggunakan kerudung, rambut yang basah bisa menyebabkan munculnya ketombe, gatal-gatal, bau tidak sedap juga bisa membuat rambut mudah rontok karna terlalu banyak gesekan. Gunakan hair dryer jika memang terburu-buru.

3. Sisir rambut sebelum dan sesudah mengenakan hijab, gunakan sisir bergigi jarang untuk mencegah kerontokan hindari menyisir dari arah garis belahan rambut karena bisa jadi itu awal dari timbulnya kerontokan. Jangan ikat rambut terlalu kencan, karena akan menjadikan rambut mudah rusak dan patah. Selain itu jika mengikat terlalu kuat akan menyebabkan terjadinya rasa pusing di kepala.

4. Pilih jilbab yang dapat menyerap keringat, misalnya berbahan kaos atau katun. Pori-pori pada jilbab berbahan katun atau kaos bisa melancarkan sirkulasi udara di kulit kepala dan rambut.

5. Gunakan warna kerudung yang lembut atau cenderung gelap. Kerudung berwarna gelap lebih cepat menyerap cahaya matahari sehingga bisa menyebabkan kulit kepala cepat berkeringat dan lembab. Sebaliknya, warna lembut bisa memberikan efek sejuk ke kulit kepala sehingga folikel rambut tidak terhambat dalam proses penumbuhan rambut.

6. Tips merawat rambut untuk wanita berhijab selanjutnya jika saat Anda berada di dalam rumah, istirahatkanlah rambut Anda dengan cara tidak mengikatnya dan membiarkannya terurai. Beri kesempatan rambut supaya bisa bernafas, ini bisa membuat rambut lebih sehat dan segar serta bisa mengurangi kelembapan pada kulit kepala sehingga tidak mudah rontok dan berketombe.

7. Ganti jilbab setiap hari untuk menghindari munculnya ketombe dan bau tidak sedap, serta pastikan kebersihan kerudung yang akan dipakai.

8. Gunakan bahan-bahan alami untuk menyehatkan rambut seperti air perasan jeruk nipis, lidah buaya, atau minyak jojoba yang dibalurkan pada kulit kepala dan rambut saat weekend dirumah.

9. Selain merawat dari luar, perawatan dari dalam pun tak kalah penting. Makan-makanan yang sehat dan rendah lemak serta mengandung protein, B6, B12, vitamin C dan zatbesi sangat baik bagi kesehatan rambut. Seperti kacang-kacangan, bayam dan pisang.

Sekian tips merawat rambut untuk wanita berjilbab semoga bermanfaat dan jangan lupa lakukan secara disiplin agar rambut Anda tetap sehat.


loading...
Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berjilbab | pesonahijab | 4.5
error: Content is protected !!